Manasik Haji

27 Oktober kemarin, saya mengikuti acara Manasik Haji, sebagai persiapan untuk keberangkatan saya dalam Ibadah Haji tahun 2007 ini. Mengikuti manasik haji itu ternyata tidak terlalu mudah, karena waktunya amat mepet, jumlah acara yang terlalu sedikit, dan juga kesiapan saya yang agak kurang dalam mengikuti acara ini dikarenakan banyaknya urusan yang harus saya selesaikan terlebih dahulu serta pendelegasian tugas di kantor (juga penundaan kuliah). Pihak penyelenggara memberikan 3 kali waktu untuk manasik haji, yang pertama adalah persiapan awal, ini dilakukan di tempat pihak tour haji (september), yang kedua adalah praktik Manasik di Asrama Haji Pondok Gede, dan juga pemberian vaksin anti meningitis (oktober), serta yang terakhir adalah persiapan terakhir sebelum berangkat (desember).
Yang ingin saya ceritakan adalah pada saat mengikuti acara manasik haji di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, ini adalah kali kedua saya beranjak ke AHPG ini, dahulu saya tidak sampai masuk, hanya diluar saja, kalau kemarin itu, memang turun kelapangan, mengitari miniatur Ka’Bah dan mengikuti simulasi Haji, nyaris komplit (tanpa tahalul, dan wukuf). Yang paling berkesan adalah yang banyak mengikuti acara itu, bukanlah dari peserta calon haji, tetapi dari murid murid TK di Jabodetabek yang sama sama melatih diri untuk mengelilingi miniatur Ka’Bah dan juga simulasi haji.
Masih banyak sekali persiapan yang harus saya lakukan sebelum bepergian, selain membenahi urusan kuliah, kantor, juga mempersiapkan mental dan kesehatan fisik yang amat perlu ketika menghadapi perjalanan selama hampir 30 hari.
Ohya, Haji yang nanti saya ambil adalah Haji Tammattu, jadi Umrah dulu, baru Haji, dilakukan demikian agar tidak terlalu lama ber-ihram jika mengambil Haji Ifrad, dan konsekuensinya adalah membayar DAM sebesar 1 ekor domba.
Adakah blogger yang juga berpergian nanti dan sudah menjadi calon haji 2007 ? Kopdar yuk :p

10 comments

  1. haji laksana jihad
    mengagungkan tanah suci sbg bentuk pengagungan Alloh
    amal ditanah suci di lipat gandakan
    niat jelek ditanah suci sudah termasuk dosa
    arofah tempat yg mustajab dan waktu mustajab sekali sepanjang tahun dan setempat itu sedunia

  2. Ass…
    Mas, saya mau menanyakan, info yayasan yang mengelola manasik haji. Kalau bisa yang mas sudah tau dan recomended.

    Terimakasih,

    Wass…

Comments are closed.