Jangan Ngeblog Lah… Lebih Baik Anda Tidur Saja di Rumah!

Postingan ini saya tulis untuk menghormati Fany dan temannya yang kita sebut dengan Bung Jablai blog.

Sebelum saya meneruskan untuk mengetik dan menuangkan apa yang terlintas saat ini dibenak saya, ada beberapa pertanyaan yang hendak saya sampaikan kepada anda.

1.Apa itu Blog menurut anda?
2.Apa tujuan anda menulis Blog?

2 pertanyaan itu saja yang hendak saya tanyakan, kepada para jablai blog.

Jadi begini, setelah Saya, Kuncoro, Ikhlasul Amal, Budi Putra, Jay Yulian, berkolaborasi dalam Blog Fun Day yang diadakan beberapa minggu lalu di Sasana Budaya Ganesa, tersirat beberapa pemikiran dan harapan yang dapat dijadikan tumpuan bagi perkembangan Blogosphere di Indonesia.

Keinginan saya pribadi adalah Blog menjadi media publikasi personal yang amat murah dan bisa diterima oleh mayoritas golongan masyarakat termasuk media massa, dan juga terjamin validitasnya. Diharapkan pertumbuhan Blog di Indonesia ini berkembang kearah positif dan nantinya bisa menjadi salah satu penyumbang konten terbesar di Indonesia.

Negeri Ini Miskin Konten Bung Jablai, tulisan Budi Putra ini seharusnya Pun di Koreksi, yakni Masa depan Content ada di Blog. Mayoritas data yang kita akses dan kita cari adalah kontent asing, sedangkan content dalam negerinya amat sedikit.

Salah satu yang saya perhatikan selama 2 tahun belakangan ini, banyak orang-orang yang rajin mengirim komentar di blog orang lain, menjadi seorang blogger, dan makin lama, komentar yang tidak penting itu menjadi bermutu, dan banyak argumentasi bernada positif yang tidak menjatuhkan, meski banyak Jablai blog yang memberikan komentar yang menjatuhkan, tetapi jumlahnya lebih sedikit dibanding komentar yang membangun. Harapan saya dengan adanyanya komentar yang awalnya tidak penting, lambat laun bisa menjadi postingan yang memiliki kesinambungan penulisan dan terrangkum dalam blog yang menarik.

Masih ingat saya tentang postingan saya beberapa waktu lalu mengenai Majalah Playboy Indonesia, postingan itu ramai komentar, ada yang bagus, dan ada yang tidak bagus, Teman saya, ada yang menulis mengenai Kematian Alda Risma, Download 3GP Yahya Zaini Maria Eva, blognya kebanjiran ratusan komentar dalam 3 hari dan sampai beberapa kali ia meminta saya untuk menaikkan kuota traffic yang sudah dijatahkan kepadanya. Itu yang temannya Fany inginkan ?

Sebetulnya jika kita bandingkan dengan Blogger Negara Lain, jumlah komentar dari orang-orang yang disebut dengan Seleb Blog itu termasuk sedikit, Priyadi misalnya, orang yang di Klaim sebagai Mantan Bapak Blog Indonesia ke-2 ini memiliki khas yang bisa kita lihat dari komentar yang ditulis kepadanya, ini berlangsung dalam kurun waktu 1 tahun belakangan ini, PERTAMAXXX…. istilah yang muncul ketika ada yang pertama kali komentar di postingan baru.

Lain lagi dengan Enda, orang yang di Klaim sebagai Mantan Bapak Blog Indonesia pertama, yang memiliki segudang alamat RSS blogger Indonesia yang di feed olehnya, orang-orang yang berkomentar di blognya biasanya mengeluarkan argumen ringan dan santai.

Ikhlasul Amal, Bapak Blog Indonesia Sekarang, dengan gaya EYDnya yang khas penuh dengan kebijaksanaan dan tak kenal lelah dalam menyebarkan virus Blogging dimana-mana, memberikan tips ala dirinya jika anda tidak mau dipusingkan dengan masalah komentar dan teori ekonomi persuasif dari Andry.

Ketua Perkumpulan Budi Indonesia, Risiyanto, juga telah bersabda mengenai kejadian ini, dan mengingatkan bahwa untuk menjadi seorang publik figur, terutama di Blog haruslah sudah lama ngeblog terlebih dahulu dan memperbaiki kualitas tulisannya terus, tidaklah mungkin seorang bayi yang baru lahir langsung berlari, use your logic!

Motivasi saya dalam menulis blog adalah untuk kesenangan, terlebih setelah Adinoto memanas-manasi saya dengan kata-kata “Ngeblog dong, sambil jalan-jalan, enjoy”, meski blog ini kadang-kadang tidak jelas apa isinya dan bagaimana kualitas postingannya, tetapi lumayan juga jumlah pembacanya, dari sini juga, saya mendapatkan kenalan-kenalan baru dan banyak diantara mereka yang telah bertemu muka dan menjadi teman yang baik. Masalah komentar di blog Ini, itu nomor terakhir, dan apapun itu isinya, mohon disesuaikan dengan disclaimer yang terdapat di blog ini.

Saran saya untuk temennya Fany, Jangan Ngeblog Lah… Lebih Baik Anda Tidur Saja di Rumah! Jika anda masih memiliki mental seperti itu. Bagaimana anda mau mendapatkan komentar (jika itu merupakan motivasi anda menulis blog) Jangan Lupa cuci kaki sebelum tidur yah….

45 comments

  1. Masih dibahas huahahahahahahahahahaha

    Walau aku setuju. Masa depan blog ada di konten.

    Di masa lalu, bapak bangsa (Founding Father) kita berdebat lewat koran-koran stensilan (baca: Daoelat Ra’jat) dan koran-koran lain (seperti Star Weekly),

    mungkin di masa depan generasi kita dikenal sebagai orang-orang bijak yang bersilat lidah di dunia blog.

  2. benar! content is kingΓ’β€žΒ’. Jadi ingat tulisan-tulisan Allan Gardyne di AssociatePrograms.com, dia selalu mengatakan CTPM.
    Content->Traffic->P->M
    mengenai definisi P dan M kurasa OOT dari diskusi ini.
    Komentarlah dengan komentar yang bermutu, masalah dibalas komentar atau tidak oleh seleb blog, itu bukan masalah!

  3. #fian: apaan sih.. aku udah baca dr pertama lah pasti, kan udah di pingback dr rendy..

    ..dan juga terjamin validitasnya

    yak poin ini kadang tertinggal. jadi, setuju! πŸ™‚

  4. Jangan Lupa cuci kaki sebelum tidur yahÒ€¦.

    Wah, mas Rendy orangnya perhatian sekali.. πŸ˜€
    Tapi kok malah disuruh tidur yah? *curiga*

  5. Blogger juga manusia…
    ingin mengomentari dan dikomentari… πŸ˜€

    *mo bobo dulu bareng temennya Fany… tapi cuci kaki dulu… πŸ˜›

  6. SODARA-SODARA..
    ini adalah kampanye terselubung yg mau menurunkan Enda dan Priyadi sebagai Bapak blog no.1 dan no.2 dan mengajukan Om Amal untuk jadi Bapak blog.. Wikikik..

    Niwe, Renceeehh… Om Amal serpisnya bagus yah?

    *lareee..*

  7. Hm, nice post. Ya memang sebaiknya, kita menulis dengan tulus. Jangan berharap comment. Toh yang baca pasti ada. Dalam berkomentar juga sebaiknya memberikan komentar yang membangun..
    Bukan begitu? :p

  8. Blog kamu ini kok punya sedikit ciri-ciri blog jablay ya πŸ™‚
    Inspector Gadget Wannabe, di blognya sering terpasang aneka gadget atau widget atau get-get lain yang gak penting,

    shoutbox, dah ada komen, buat apa shoutbox?
    wordlink, mending ke news.google
    link preview nya itu loh, gw ga butuh preview. lebih cepet mengunjungi itu website daripada menunggu generate preview nya.

    *kabooor*

  9. ho oh bener…
    ngeblog dan komen adalah 2 hal yang beda..
    nda bisa disatuin..

    klo ngeblog jangan berharap dikomen..
    kalo komen jangan berharap diblog.. *loh*

    /*ren ren bangun reennn..
    dah siaaanngg… */

  10. temennya Fany itu gak tau Google Adsense sih.. nge-blog kok ngarep komen. mbok ya dipasangi iklan aja to. hehehe.. kayak blogku.

  11. hey, rendy! itu ada homok yang ngamuk karen akamu tolak cintanya. dia terus bikin sokmutu.blogspot.com.

    kamu apain dih dia?
    udah deh… daripada kamu ngata-ngatain blognya, lalu lebih memilih fahmi, mendingan diterima aja cintanya.

    itu orangnya pake aan tuh!

  12. waw..
    komen memang bentuk apresiasi dan ekspresi pembaca.
    tapi kasihan sekali kalau hanya mengharap2 komen..
    waw..
    sepertinya mengharap komen lebih penting dari keinginan nge-blog itu sendiri..
    waw..

  13. Tiap orang punya motivasi sendiri.

    So, kalo si blogger yang kata-anda-semua-adalah-newbie ingin blog-nya penuh dengan komen, ya hargain aja.

    Kalo dia memutuskan untuk ngga blogging lagi karena ngga ada yang meng-encourage, ya let it be.

    toh bukan loe2 pada yang nyiptain konsep blog. Mau ngutamain konten atau pun ngutamain komen, ya sah2 aja lah. Terserah si pemilik blog.

    Dan ngga perlu ngata2in orang lain untuk ngebuktiin eksistensi di dunia blog.

    capiche?

  14. Kalau saya mah, cue’ aja. Mau dibaca atau tidak ama orang lain. Saya suka nge-blog, karena saya pikir, ini sarana termudah buat saya menulis kapan saja, dimana saja. Trus, saya bisa layout yang indah2. Cuma, saya add mas Rendy di FS malah di delete, gara2 saya banyak bertanya. Padahal saya ini blogger pemula yang perlu banyak belajar tentang blogger. Tapi gpp. Justru dengan saya di delete dari FS-nya mas Rendy, saya makin terpacu untuk mengetahui blogger lebih banyak. Alhamdulillah. Masih banyak blogger yang baik hati mau memberitahu saya. Terima kasih semua. Jangan putus asa dan jangan mudah menyerah. Diluar sana masih banyak manusia2 berhati malaikat.

  15. wah koq saya malah blom pernah ke blog2 seleb yah …brarti saya ini ketinggalan beca…
    emang blog yg bermutu tuh yg kaya apa? saya suka baca yg bisa bikin saya tertawa ngakak dan ngga suka baca yg bikin saya keningnya berkerut………jadi selamat nge blog lah…egp blog seleb

  16. waduh saya telat… ini komentar ke 34 di rangkaian komentar yg panjang ini..

    btw, tentang konten.. saya sebagai orang yang sering posting hal ga penting jadi pengen ikut bicara..

    tidak ada blog yang ga bermutu. semuanya bermutu, tergantung dari cara pandang orang yang menilainya. mungkin aja kebetulan blogger yang blognya dianggap bermutu itu konsen sama permasalahan yang menyangkut orang banyak, jadi banyak yang komen dan bilang ‘bageusss….’

    jangan anggap postingan yang isinya duh, hari ini gua cape banget, jam 7 ada ujian, bla bla bla… cape deeehh.. adalah blog yang ga penting. mungkin aja itu penting bagi si empunya.

    kadang dalam menilai sesuatu, orang-orang mengesampingkan adanya pluralisme dalam sikap dan ketertarikan.

  17. Oh…gitu ya…?
    Gue pikir blog itu menganut paham freebebasΓ’β€žΒ’…!
    Soalnya tiap orang kan emang beda…!
    Ada yang gak ngarep apa2x, ada yang ngarep komen, sementara gue sich hanya sekedar ngarep Chelsea Olivia…! πŸ˜›
    Tapi ternyata ada idealisme-nya gini juga ya?
    Salah k-lo mengharap komen?
    Wah…gue berhenti nge-blog dech k-lo pake ada tuntunannya gini.

  18. Well, blogging mungkin adalah salah satu cara menjernihkan pikiran, biar nggak mumet dan kusut karena banyaknya info yang ditampung kepala ini tiap harinya, sambil berlatih agar menjadi seorang komunikator yang ulung πŸ™‚

    Blognya Mas Rendy kayaknya udah termasuk blog yang komunikatif, dan mungkin tergolong blog-seleb πŸ˜€ Makanya si komen udah terus bertambah, urutan ke 36, rrek!

    Seneng udh bisa mampir kesini lagi, selamat tahun baru 2007 semoga blognya makin keren. salam hangat dari afrika barat πŸ™‚

  19. akur ren, tapi ada baiknya kalo seleb blog memberikan semangat pada blog-blog baru berupa comment di blog mereka πŸ™‚ btw, kemaren tahun baruan hari apa? hehehe*

Comments are closed.