Perda Penyandang Cacat Disahkan

Ini adalah sebuah pekerjaan yang baik yang baru saja dilakukan oleh DPRD Bandung. Mengesahkan Perda untuk kaum difabel menurut saya memang terlambat jika baru dilakukan beberapa hari ini, tetapi itu sudah membantu sekali bagi orang-orang yang pada kesehariannya memiliki keterbatasan untuk melakukan gerakan yang sama dengan orang normal.

ITB sendiri sudah memiliki banyak gedung yang memiliki akses khusus bagi kaum difabel ini, seperti gambar yang terdapat di postingan.
Jalan Khusus difabel - Click To Enlarge Picture
Sayangnya belum semua gedung memiliki akses khusus seperti ini. Terutama gedung-gedung tua yang biasanya jarang dilalui oleh orang. termasuk gedung saya yang merupakan gedung tua.

Harapan saya dikemudian hari bisa banyak pengelola gedung dan sarana umum diluar sarana pemerintah menerapkan fasilitas untuk kaum difabel ini, selain mengikuti kewajiban menurut Perda, yakni menerima 1 orang difabel dari 100 orang karyawan khususnya di BUMN, BUMD dan instansi pemerintahan.

Semakin banyak instansi yang menampung kaum difabel, dan penyetaraan fasilitas. Diharapkan dikemudian hari tidak ada lagi istilah orang cacat mau sukses harus ikut MLM, atau menjadi bahan olok-olokan promosi penipuan berbasiskan MLM.

21 comments

  1. kalau yang dicontoh gambar itu sih kayanya bukan untuk para difabel, berbelok-belok dan ruwet soalnya. kebayang kalau yg lewat pakai kursi roda pasti ruwet juga jalannya. kayaknya itu cuman buat asesoris deh ๐Ÿ™‚

  2. #6 itu sengaja dibuat seperti itu, karena turunannya amat curam…

    di ITB sendiri ada bagian yang terparah bagi kaum difabel, yakni dibagian campus center, turunannya amat curam dan jarak yang dipergunakan untuk turunan teramat pendek dan berbahaya

  3. undang2 penyandang cacat disahkan?hal yang harus ditanggapi secara arif dan sabar. hanya benar2 yang berkomitment yang mau melakukan itu, dari mulai jajaran tertinggi smpe yang terendah. bahkan dari diri kita sendiri. aku liat mereka”difable”hanya jadi objekan saja.kita mungkin perlu orng2 yang tulus. yang tau kebutuhan mereka.

  4. Ass
    boleh nimbrung ya, fasilitas tuk penyandang cacat ok, maaf yaa saya termasuk yang tidak bermasalah mau pake cacat/difable/invalid/lainnya saya lebih berfikir berapa % teman-teman yang cacat/difable/invalid/apalah namanya yang bisa kuliah di ITB atau setidaknya sekolah yang tinggi. menurut saya lebih penting ada beasiswa bagi penyandang cacat/difable/invalid disediakan kuotanya dari pihak university gitu
    Wass.

  5. I am very glad knowing this block. But Rendy you are not one of the persons who’re considered invalid.How if you find me a friend/s- an invalid person/s who can get in touch with me via e-mail.No matter men or women.Would you. I am hopefully waiting for your reply
    Nice regard
    yuni

Comments are closed.